Opium

opium.JPG

Siapa yang menyangka bunga yang sedemikian menawan mata ini adalah sarangnya malapetaka . Bersama deretan dinasti keluarganya menawarkan jalan pintas menuju surga yang slogannya lebih nyata , sebuah cara yang mudah dicapai dibanding harus bersusah-susah payah mengikuti patern ajaran formal agama , nunggu hasilnya terlalu lama .

Dia tak pandang strata sosial dan usia untuk menjerat mangsanya . Dari orang polos naif hingga tokoh-tokoh masyarakat / pejabat serta orang-orang dari golongan ekonomi kaya sekalipun tak bisa luput begitu saja dari jeratannya .

Dulu…, sungguh sebuah kenangan yang buruk namun membawa hikmah luar biasa untuk bisa saya ceriterakan pada anak-anak serta kerabat keluarga disekeliling saya . Betapa neraka tersebut memperlakukan dan mampu merubah 180 derajat watak serta karakter kepribadian kita.

Namun iblis tidak pernah akan selesai bertugas dan bekerja , sebab memang dia diciptakan untuk itu adanya .

Dan yang membuat hati semakin terenyuh adalah ketika kita menyadari ada sanak keluarga kita sendiri yang terdaftar sebagai salah satu korbannya .

Seluruh pandangan kita jadi gelap dan tak tahu harus berkata apa-apa melihat mereka terkapar didepan mata menjadi tak berdaya , mata yang kosong tubuh bagai belulang lunglai dan meregang nyawa .

Bagi orang-orang yang masih ter-selamatkan dari sentuhannya , pemandangan tersebut memang sebuah contoh mengerikan dari sebuah akibat kelirunya manusia memahami perilaku ‘perubahan’ dalam sebuah peradaban .

Namun bagi orang-orang yang dulu pernah terjebak dan kini mampu keluar dan selamat tak ada kata atau kalimat yang mampu terucap sebagai ungkapan yang bisa mewakili segenap perasaan yang ada.

Entahlah….rasanya sungguh tak akan pernah mampu kita menyusun kalimatnya dengan lengkap hingga mendekati realita suasana yang ada .

Saya tidak begitu yakin orang-orang yang terselamatkan tersebut mampu menjadi counselor yang manjur guna membantu dokter-dokter serta psikolog diberbagai klinik pengobatan . Sebab dia adalah jelmaan sesuatu yang ‘gaib’ sesuatu yang tidak bisa diungkapkan seperti apa rasanya dan seperti apa deraan rasa sakit yang menyiksa .

Beberapa kali saya pernah menolak untuk dijadikan nara sumber atau juru bicara pada sebuah klinik terapi bagi para penderita tersebut . Saya menolak karena saya tahu saya tak akan pernah bisa mampu menjelaskannya .

Saya hanya bisa berpesan pada anak-anak saya , bahwa itu setan . Seperti apa ujud dan bentuknya …galilah dalam-dalam kesadaran spiritual dalam agama ….Hanya agama yang mampu menghadangnya , informasi-informasi berupa gambar / film / kisah-kisah dan cerita adalah sesuatu yang sangat temporer sifatnya .

Dijaman dimana nilai-nilai dalam ajaran agama dikhianati dan sekedar dijadikan alat untuk sebuah upacara , maka iblis-iblis tersebut itupun kembali merajalela .

Kemaren , hari ini dan esok …akan semakin banyak lagi orang-orang yang tak pernah diduga-duga lalu muncul dalam kolom berita-berita penyalah-gunaan narkoba .

Bagi kawan-kawan terutama yang se-profesi apalagi se-usia , hanya peringatan seperti inilah bentuk toleransi pada rasa per-kawanan dan persahabatan yang bisa dilakukan . Selebihnya hukum adalah hukum dan itu berlaku terhadap anak kita sendiri sekalipun .

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

9 Responses to “ Opium ”

  1. Fariz gimana tuh mas? koq bisa terlibat narkoba..sayang sekali.
    Kenapa seh kalo artis selalu cenderung berperilaku aneh aneh..

  2. iya tuh..baru beberapa hari lalu saya nulis artikel tentang perilaku yang menyeleweng dan pelanggaran pada norma-norma (di-posting mature).

    Enak aja ! bukan monopoli prilaku artis . :(

    Selanjutnya no comment , banyak lagi yang sudah masuk daftar T.O , tinggal tunggu waktu saja .

  3. Tapi memang dashyat strategi pemasaran para bandarnya itu lho. Saya pernah denger di studio 3m atau apa di daerah utara jakarta ada dispenser air minum yg udah diisi putaw. Jadi kalo musisi yg ngerti pasti bawa air mineral sendiri :D

    lho..anda sering bertandang ke 3M juga dulu? berarti mungkin saja kita pernah ketemu ya? , atau sampeyan juga tukang band juga hehe.., periode kapan itu …apakah masih periode si Om Jepang (istrinya) atau setelahnya? .Daerah utara yang anda maksudkan ..blackboard?

  4. Leres sanget mas Yockie, bagi siapa saja yang pernah “terpuruk”….dan mampu ” bangkit” kembali adalah pengalaman yang luar biasa sekali, kita sendiri sulit untuk menjelaskan dengan kata – kata, sungguh sebuah misteri…

    inggih mas petrus …karena setan atau iblis bentuknya cantik rupawan serta menawan . Tidak seperti yang digambarkan TV kita serba menakutkan . Bodoh dan tolol amat jika saya menampakkan ujud seperti itu…pasti orang sudah pada kabur duluan (*kata iblis*)

  5. Alhamdulillah saya terjaga dari setan-setan macam begitu.
    Cuma saya tetap risau dengan bagaimana menjaga anak-anak saya dari setan-setan narkoba yang berkeliaran sampai ke pelosok kampung dan sudut-sudut sekolah
    :(

  6. kalau cara saya : jangan batasi langkahnya kemanapun dia akan memasuki berbagai lingkungan , sebab hanya akan melahirkan kesalah-pahaman .

    Kalau benteng ke-iman dalam keluarga sudah kuat , tentu sudah tak ada lagi yang perlu lagi kita khawatirkan .

    Namun cara lainnya adalah jadikan dia kawan , masuki ruang-ruang pergaulan komunitasnya . Anak sekarang biasanya kelompok band-band-an atau ‘gaul’ model sekarang .

    Makanya saya sudah ‘agak2 biasa’ kalau diajak dugem atau clubbing mas…hehehe.. mengawasi jaman sekalian jalan-jalan. :)

  7. blopis apa embesi ntar malem yuk..:)

    emmm…bocoor!

  8. Duh menyentak dan ngelingake.

    Saya ingat wawancara Kompas dengan Anda beberapa tahun lalu. Di situ Anda bilang, anak-anak Anda berkomentar “Ih amit-amit” waktu dengar kisah bapaknya. :)

    Tentu saya juga ingat liputan Aktuil dan Top tentang masa suram itu. Entahlah apakah liputan mereka benar, soalnya nggak ada hak jawab.

    Peringatan dari orang yang pernah tersandung biasanya lebih didengar daripada nasihat orang yang cuma menonton orang lain berjalan.

    God bless you, Mr JSOP!

    tengkyu paman thyo , blog barunya (Memo.blogombal) sangat menawan hati..salute!

  9. “Kemaren , hari ini dan esok …akan semakin banyak lagi orang-orang yang tak pernah diduga-duga lalu muncul dalam kolom berita-berita penyalah-gunaan narkoba .”

    ah…mengapa engkau lagi .., bukan engkau yang kuharapkan.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara