Mengapa_harus

indonesia.JPG

Tulisan ini ter-inspirasi dari sebuah artikel dalam sebuah posting dengan judul : I love U Indonesia , sebuah artikel yang ditulis oleh Zulkarmen di blognya Zulkarmen.blogspot.com

 

teman A mengatakan hidup ini indah
teman B mengatakan hidup ini susah
teman C mengatakan hidup ini perjuangan
teman D mengatakan hidup ini kesempatan

teman E mengatakan hidup penuh masalah
teman F mengatakan hidup ini asyik
teman G mengatakan hidup ini membahagiakan
teman I mengatakan hidup ini penuh penderitaan
dan masih banyak lagi
setiap hari mereka berbagi cerita
ga habis-habisnya
ada canda tawa gembira ada keluh dan kesah
mungkin krn mereka semua berpikir dan merasa
berpikir panjang…
ber-rasa dalem…! hehe…

sementara aq…?
aq ga tahu…, apa aq memikirkan semua itu?
krn aq ga tahu, maka aq bertanya2, apa aq masih punya pikiran dan rasa?
hmmm…. ya..ya..ya…
hahahahaha….

breaking news:
di
indonesia, bertambah 1 lagi org gila!! hahahahahaha….
mau macet, mau susah, mau bermasalah, mau menderita, apapun itu,
indonesiaaaaa…., i love u so much…!!!
coz u make me crazy… crazy loving you!!! hihihihhi….
c u soon
indonesia!!! hahahahaha…

~

Berikut ini ada kisah sebuah cerita yang dapat menjawab berbagai pertanyaan dari lubuk hati kita , mengapa harus atau mengapa kita masih mencintai Indonesia .

Tersebutlah sebuah keluarga dengan dukungan kemampuan ekonomi yang dapat dikatagorikan cukup sejahtera . Si Ayah seorang pengusaha yang berhasil mengelola bisnisnya dengan baik , sebab waktu yang ditempuh di sepanjang perjalanan hidupnya semenjak di bangku sekolah hanya dihabiskan di depan meja belajar untuk menghadapi bilangan angka-angka eksak serta hitungan matematis yang pasti. Menjadi maklum adanya bila dia berhasil meraih gelar tertinggi dibidang ilmu study ekonomi yang digeluti . Karena itu pula dia sangat efisien dan taktis dalam mengelola usahanya serta menghadapi pasang surut dunia bisnis yang digelutinya hingga sang waktu menuntut dia harus segera berkeluarga.

Istrinya adalah seorang wanita cantik yang dikaruniai kesempurnaan fisik luar biasa semenjak dari lahirnya . Dia wanita yang sangat menarik dan estetik serta berkecenderungan mengundang decak kagum semua orang yang melihat penampilan di kesehari-hariannya . Apalagi dia juga berkemampuan untuk bisa merawat tubuhnya dengan fasilitas-fasilitas kesehatan , fasilitas kecantikan yang jelas sangat membutuhkan biaya yang juga tidak murah harganya.

Mereka berdua telah dikarunai dua orang anak yang fisiknya juga tumbuh dengan sempurna . Seorang anak laki-laki berusia 20 tahun dan adiknya seorang gadis yang jelita berusia 18 tahun umurnya.

Sebuah potret keluarga yang dijadikan contoh sempurna oleh masyarakat di sekelilingnya dan oleh orang-orang yang mengenal keluarga mereka . Keluarga sukses dan keluarga yang ideal , demikianlah julukan untuk keluarga mereka.

Hingga suatu hari masyarakat sekelilingnya dibuat heboh dan gempar setelah melihat kenyataan dan berita yang mereka saksikan melalui media-media informasi dan berbagai layar kaca televisi . Mengapa…? ternyata keluarga tersebut kini bubar berantakan , pecah berkeping-keping tak keruan .

Sang suami mendapatkan fakta yang mengejutkan bahwa sang istri tercinta telah lama berhubungan seksual diatas ranjang dengan orang lain yang justru secara ekonomi lebih miskin dibandingkan kemampuan ekonominya . Juga sang bapak menemukan kenyataan bahwa anak lelaki kebanggaannya tanpa sepengetahuannya ternyata adalah seorang pecandu narkotika , atau pemadat . Anak gadis mungil yang sewaktu kecil digendong-gendong dengan penuh rasa manja ternyata dijuluki perek yang suka berganti-ganti pasangan seksual dimata teman-temannya .

Sebelum si Ayah akhirnya menjadi salah satu pasien di RS Jiwa , dibawah ini ilustrasi dialog diantara mereka.

Ayah : Koq kamu tega-teganya mengkhianati saya tidur dengan lelaki lain dibalik punggung saya . Apa yang kurang yang belum saya berikan untukmu. Baju kamu tinggal pergi ke butik , perhiasan kamu tinggal telpon agen/dealer permata untuk datang kerumah , demikian juga makanan sehari-hari sudah cukup pembantu untuk melayani , kemana kamu ingin pergi tinggal ngomong ke interphone lalu dalam sekejap supir beserta mobil sudah siap mengantar kemana arah tujuanmu. Ingin berkumpul mengundang teman-temanmu untuk ber-nostalgia , tinggal kamu persiapkan sebuah pesta yang kapan saja waktunya kau inginkan dan kamu mau.

Ayah : Apa yang kau inginkan lagi dariku…. dan apa salahku.. , teriaknya sambil membentur-benturkan jidat kepalanya di tembok .

Si ibu masih diam saja tak mampu mengucap sepatah kata dia hanya menunduk sambil menangis sesunggukkan seolah menyesali semua perbuatannya.

Demikian juga kedua anak mereka , semuanya berperilaku sama seperti yang sedang dilakukan oleh ibunya . Menunduk sambil menangis tanpa mampu berkata apa-apa .

JAWAB SAYA…! demikian akhirnya terdengar teriakan histeris sang suami atau ayah mereka berteriak keras bagaikan sambaran petir di siang hari yang hendak merobek gendang telinga kuping mereka semua.

Si Ayah : Mengapa kamu tidur dan bercinta dengan orang yang bukan suamimu…!, bahkan tampangnya pun juga lebih buruk dari ku , orang miskin pula.. Apakah kau sudah tak mencintai aku lagi selama ini….

Si ibu berusaha berbisik diantara tangisnya : saya masih mencintai kamu……

Si Ayah : Lalu mengapa…..alasan apa hingga kamu mampu melakukan itu semua…

si Ibu : …………sebab dia lelaki

Si Ayah : Hah..! lalu kamu anggap aku apa…bukan lelaki jantankah aku..? (padahal urusan tugas diatas ranjang dia juga bagaikan gatotkaca tangguhnya..)

Si Ibu : Kamu bukan lelaki , kamu mesin yang menghasilkan materi dan harta , saya masih manusia yang butuh perasaan yang juga manusiawi . Saya butuh seorang lelaki.

Si Ayah jatuh terjungkal … hingga saat sadar dan siuman kembali dia menemukan dirinya sudah berada disebuah dunia yang baru , dimana dia sudah merasa terbebas dari kenyataan pahit yang pernah menyiksanya dahulu.

Dunia baru tersebut adalah ruangan barunya yang bernomor pintu 13 .
Beralamat disebuah RS Jiwa .

Maka..

Kesimpulannya yang bisa dipetik dari cerita dan dongengan diatas tersebut adalah :

Tehnologi yang hanya menciptakan ilmu untuk menghadirkan materi hanya mampu memberikan kontribusi bagi kebutuhan manusia sebesar 40 persen saja . Sedangkan manusia dan dengan segala sifat kemanusiaan-nya menuntut value sebesar 60 persen minimalnya . Dan bilangan 60 persen tersebutlah yang dikatakan oleh si ibu sebagai “lelaki” . Robot atau mesin yang dihasilkan tehnologi dari otak manusia tak akan pernah mampu menghasilkan value hasil produksi sebuah pabrik yang dilelola oleh penguasa tunggal di dunia dan penguasa diseluruh alam semesta raya ini .

Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian juga yang terjadi dan menimpa kedua anak-anak mereka . Mereka hanya menemukan ayahnya sebagai sosok mesin jackpot yang tinggal ditarik lalu mengeluarkan coin-nya .

Dalam terminologi yang serupa dan bisa saja sama , dapat kita simpulkan berbagai perasaan yang mungkin menyelimuti diberbagai masyarakat kita yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara ini .

Mengapa kamu masih mencintai Indonesia , padahal dia miskin , dia korup , dia meninggalkan catatan sejarah hitam yang menyakitkan .

Mungkin jawabannya : sebab Indonesia adalah lelaki . Mengapa kau sebut demikian?

Karena dia punya hutan , punya laut , punya tanah , dan punya air ..itulah alasan kami mengapa kami masih mencintai Indonesia .

Oleh karena itu pula menjadi pertanyaan besar bagi kita semua, saat semua yang kita miliki tersebut secara perlahan-lahan mulai hilang musnah atau bahkan digadaikan untuk tidak bisa ditebus kembali dari tangan-tangan kekuasaan orang asing .

Disaat itulah nanti tidak ada alasan yang cukup untuk mengatakan I Love U Indonesia . Sebab dia sudah tak memiliki hutan lagi , tak memiliki tanah lagi , tak ber air lagi dan lainnya .

Lalu peradaban kita akan menyebutnya Indonesia sebagai robot , pelayan atau bahkan banci , yang pasti Indonesia saat itu bukan lagi LELAKI yang pantas untuk di cintai .

Semoga tidak.

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

7 Responses to “ Mengapa_harus ”

  1. MOHON MAAF , karena cuaca buruk maka orbit satelit terganggu hingga menyebabkan beberapa comment di artikel ini hilang , sebab terkena dampak turbolance ufo .

    Untuk itu pihak AURI sudah melakukan langkah-langkah hukum dengan mengejar mereka menggunakan cessna dan capung .

    Bila tak berkeberatan , mohon komen ulang .
    Sekali lagi mohon maaf.

  2. kita mencintai indonesia karena kita peduli…
    kita mencintai indonesia karena kita menghendaki hidup, sesama, indonesia dan dunia yang lebih baik, lebih beradab, dan lebih indah…
    kita mencintai indonesia karena kita ingin terus berusaha berbuat yg terbaik untuk indonesia…
    untuk sesama anak bangsa…
    untuk dunia yang lebih bahagia…! :)

    nah .. banyak kan zulkarmen anak muda sekarang yang nggak paham betul sebenarnya apa sih alasan mereka untuk jadi orang Indonesia kecuali hanya sekedar tau bahwa dia dilahirkan di Indonesia .

  3. yaaahhh … udah lupa lagi mas.

    hehe..sorry ya mas

  4. untung aq blm komen kekeke..mas klu mnrut aq , qt msh cinta Indonesia kerna msh ada harapan kan? nah..gmn klu makin lama hrpannnya makin tipis :(

  5. ya nggak boleh hilang dong harapannya , kalau dulu orang jadul bilang : sampai senapan mau dikokangpun harapan masih ada .
    Lain lagi kalau udah ‘beledug..duarr’ klepekk..klepekk…nah baru harapan juga ikut hilang .

  6. loh mas jsop, emang masih ada toh sing isok diharapkanno teko indonesia? kabeh2 bubrah mas… kabeh2 mbayar kecuali ngentut gak mbayar. Penjahat jadi pejabat. WOng apik dipateni, utang menumpuk. Pulau2 dijual. mbuh opo maneh…

    Indonesia Tanah air Beta [kalo dalam bahasa program beta = masih percobaan ] hohohohoho

  7. yo wis ngono iku mas , sampeyan lak eruh dhewe’
    dipancet’no wae’ mas , wis kadung uyup ….njero ae’sisan.

    Iya bener mas jangan tanah air beta lagi , mending diganti bete aja hehe..

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara