Almarhum

Beginilah wajah pers Indonesia yang semrawut dan seenak udelnya sendiri kalau menulis berita . Khususnya pers media hiburan yang getol “berselebriti” di republik ini.

Di sebuah kolom berita koran “Jawa Pos” yang konon katanya adalah koran yang cukup terkemuka di belahan Jawa sebelah Timur sana , ada berita tentang anak sulung saya yang sedang merilis album musiknya bersama teman-temannya yang tergabung dalam Band Ji briel . Disebutkan bahwa si “anak” tersebut bapaknya adalah seorang musisi yang bernama “Yoki Suprayogo (alm)” . Alm itu artinya almarhum alias wafat alias mati kan?

Saya sih nggak heran kalau banyak orang sekarang ini mengaku wartawan yang modalnya cuman punya satu kamera , tanpa kepala ada isinya . Dan kalau mereka tidak mengenal sayapun juga saya anggap wajar–wajar saja…, toh saya juga bukan siapa-siapa. Tetapi mengganggap saya sudah “almarhum” , sungguh bukan hal yang boleh saya anggap biasa saja.., emangnya dia siapa? … koq merasa berhak “mengadili” hak hidup saya.!

Saya sendiri belum melihat korannya…maklum selain saya tinggal di Jakarta , sayapun tak pernah berlangganan koran tersebut . Saya hanya di telpon oleh satu kerabat saya dari kota Malang yang seolah ingin menanyakan :”yock …elu masih idup kan..?” . Tentu saja saya hanya bisa mesem-mesem kecut sambil mencoba untuk bisa tertawa “lucu”.

Jawa Pos tgl.19 Juli 2008 halaman 14 , kolom Show & Selebriti / menurut kerabat yang menghubungai saya insitial penulisnya katanya tertanda “gen/tia” , bagi anda yang kebetulan nemu koran tersebut…tolong bacain dong buat saya…, setelah itu anda nggak perlu bertanya ..apakah saya masih hidup atau sudah mati . InsyaAllah saya diberi umur dan kesehatan serta yang penting bisa “hidup tenang” nggak grasa-grusu apalagi ngawur hingga nyusahin orang hidup yang lainnya.

COMMENT ON MULTIPLY

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

23 Responses to “ Almarhum ”

  1. mas JSOP, itu koran gila itu !!!

  2. saya ga heran kalo Jawa Pos bikin berita salah kayak gitu, koran itu wis keseringan disomasi, pak. dan anehnya, ya kok ga sadar2

  3. Surat kabar “Koran Tempo” hari ini juga memuat ‘Jibriel’lengkap dg fotonya, tapi blas gak nyinggung sampean. Hanya menyebut 2 pemainnya putranya Achmad Albar. Gitarisnya namanya ‘Nara’, opo sing iki putrane sampean ? Wajahnya ‘Jockie banget’………!

  4. Hahahaha. Salah tulis atau salah sebut begitu biasanya doa yang ampuh — sekaligus petunjuk — bahwa umur Anda bakal panjang Mas. Amin. :)

  5. @Mas Inrayana, umumnya memang nggak banyak yang tau , sebab si anak dari kecil sudah terpola untuk tidak berada dibawah bayang2 bapaknya hehe..Saya sendiri selalu menekankan pentingnya hidup harus “mandiri”.

  6. totot said: Hahahaha. Salah tulis atau salah sebut begitu biasanya doa yang ampuh — sekaligus petunjuk — bahwa umur Anda bakal panjang Mas. Amin

    –> hehe semoga , amien.

  7. sabar mas….emang yg nulis lagi mabok.

  8. Salute buat Mas Jocky……..Tetaplah sabar Mas….

    Mas saya pernah punya ALBUM Njenengan : ‘SUKET’, tapi dipinjem sana-sini njuk ilang……..Wah mumet aku……..Cari lagi susah…..

    Sudilah kiranya Mas Jocky memberikan jalan keluar atas lagu-lagu yang BETUL-BETUL Mas Jocky yg saya suka itu……Dengan cara apapun saya manut…

    Alamat saya : Perum RSS GKP Blok B IV/5 Jl. Wates KM 11 Sedayu Yogyakarta. Tel. (0274) 6498000 HP. 0811286925

    Matur sembah nuwun…….Selalu semangat pada hidup sesaat…..

  9. Nanti setelah saya transfer ke digital , saya upload mas . Anda bisa download kemudian . Maturnuwun juga apresiasinya mas.

  10. Matur nuwun sanget atas perhatian Mas Jocky. Saya sangat menunggu realisasinya.

    Saya Fans berat KANTATA, sampai anak saya petama saya beri nama KANTATA SAMSARA, Kedua Obidient Islam ( Oi ) & Ketiga Mutiara Nurani.

    Semoga kelak berguna bagi semua & sesama, Amin

  11. InsyaAllah dikabulkan ya mas. Kantata sendiri dalam bahasa yunani kuna bermakna “nyanyian bersama” dan Samsara berarti reborn atau “dilahirkan kembali”.

  12. Wartawan itu pastinya angkatan sekarang, dia ga tau klo bapaknya yg dia tulis selebritis juga. Coba kalau wartawanya seangkatan kita, siapa seeh yg ga kenal mas. Mudah2an dg berita ngeselin tsbut mas berumur panjang n sehat n tenang n nyaman2 selalu. Amin.

  13. iya mas…tetangga saya aja “kenal” saya ..hehehe..!
    Amin…..terimakasih atas doanya :)

  14. hehehe…yahhh…lagi-lagi pers Indonesia.
    buat mas jsop kalo blom liat korannya..bisa kok diliat di sini :

    http://www.jawapos.com/halaman/index.php?act=detail&nid=12803

    tu wartawan kalo ditanya “tau kantata ?”…pasti jawabnya….”ooo…tau…yang ituuuuu…..(sambil garuk2 kepala, ga nyebutin itunya apa…)”
    heeeee…….

    maap mas…kalo bakal sering nongkrong di sini…

  15. paham mas :)

  16. Iya tuh gua baca semua……..”kesalaha kaprahan” para jurnalis yang menulis berita musik or hiburan.Seenak udelnya.padahal ini sudah eranya googling….ck ck….ck.
    Ntar apologinya begini : kita kan belum lahir….atawa dia kan musisi jadul. Hei hei musik juga adalah sejarah buidaya yang harus ditelusuri akarnya.Gak perlu advance,paling gak kan konfirmasi dengan anaknya misalnya.Gua sih liat tampang Nara gua ingat jaman Oom Jockie (pasti dia sewot gua panggil oom….bodio ah) jaman di Zonk,Double 0 he he……..

  17. Den , ente musti tanggung jawab juga tuh.., secara sebagai sumber informasi “senior” , harus ngajarin bagaimana caranya jadi penulis / mengamati musik dengan bener! hehehe..

    Jangan njeplak asal tampil gaya aja …hiks ngenes gw dibilang udah almarhum .
    Kalo apologi mereka “gw musisi jadul” .., so what?
    Gw juga bisa bilang : dasar “generasi instant” …, masih mending anak singkong dst .
    Lalu siapa yang bilang bahwa mereka lebih “legitimate” ?
    Kalau ada yang menjawab “pasar” , emang saya mengabdi ame’ pasar?

  18. he he…….btw,masih ingat ” Teater Halaman”…….(Zonk Rules).
    Oh iya bisa sebutin gak siapa aja yang ikut Zonk dulu broer ?

  19. hm..*garuk2 idung gw*

    Vonny (alm) vox
    Gessy gtr
    Franz drum
    bass siapa ya? (ntar gw semedi ngerendem pake kembang 7 rupa dolo!)

  20. Saya doakan agar Mas Jocky Suryoprayogo (bener nggak mas saya nulis asmo panjenengan)kalau salah mohon dimaafkan, diberikan umur dan kesehatan yang melebihi wartawan gebleg tersebut. Selamat berkarya terus Mas JSOP. Salam (Saya ngalami zamannya Band Ekasapta, Zaenal Combo sampai Ungu, Peterpan …)

  21. Sudah saya maafkan mas , malah sudah pula saya doakan semoga ybs. diberi usia 4 kali lipat dari umur saya kelak . Agar bisa mengalami sendiri 4 jaman berikutnya . :)

  22. SY SENDIRI JUGA BINGUNG MAS, PEMIMPIN REDAKSI KORAN TERSEBUT KOK MALAH SERING MEJENG AMA SBY YA….NTAR KALO KETEMU SBY LAGI BILANGIN MAS, SELAMA KORANNYA “DIA” KALO MASIH SERING GITU PEMBERITAANYA JANGAN BOLEH MEJENG SAMA SBY ….

  23. haha.., gitu ya mas

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara