Transparansi

“Transparan” adalah sebuah tuntutan mutlak yang harus dipenuhi , ketika kita ingin memiliki kemampuan agar bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang membelit “kusut” disekitar kita .

Masyarakat “elite” kita saat ini sangat “lihay dan licik” untuk memanipulasi situasi , sehingga kompetensi maupun integritas bisa terselubung dengan baik . Lalu akhirnya mampu meng-kamuflasi-kan “keterbukaan” menjadi sesuatu yang samar-samar terlihat / samar-samar terbaca , ujung-ujungnya tak bisa ter-diteksi dengan baik oleh mata dan telinga kita semua .

Disanalah oportunis-oportunis jaman yang kerap merugikan negeri ini selalu memainkan berbagai peranannya .

Hal tersebutlah nyatanya yang sering membenturkan saya dengan berbagai persoalan didalam pergaulan kreatif maupun ditengah pergaulan masyarakat yang luas lainnya , acapkali saya ditumbukkan tembok atau pertanyaan-pertanyaan yang tak bisa terjawab apalagi untuk diharapkan mampu dilewati dengan baik.

Sebab “berkelit” dan merahasiakan “sesuatu” yang harusnya terbuka  , masih menjadi “penguasa” ketika uang dan harta yang bicara .

Sebab itu pulalah saya berketetapan hati , bahwa siapapun orangnya dan apapun kepentingannya .. dia akan selalu berbenturan dengan kepentingan yang saya yakini , apabila yang bersangkutan masih suka “politiking” atau “bermuslihat” untuk menutup-nutupi dan mengecoh upaya TRANSPARANSI , disamping agar integritas maupun kompetensinya dengan aman bisa “tersembunyi “.

Katakan dengan benar bila memang benar , katakan salah bila itu salah . Itu yang saya yakini seperti lazimnya keinginan orang-orang lainnya yang selalu ditindas!

COMMENT ON MULTIPLY

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

2 Responses to “ Transparansi ”

  1. ass.wr.wb ,

    wuiiihh sampeyan isik maju tak gentar..!!!
    wuedannn..wuedann tenan..

    Salute rek

  2. jangkrikk..! wes ngos2an cuk..!

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara