Mimpi & Ngigau

Tulisan ini adalah opini saya secara pribadi untuk menanggapi perkembangan dunia musik dan lagu-lagu popular Indonesia . Sudah pernah saya tulis sebelumnya bahwa musik memiliki dua peran atau fungsi bagi para pendengarnya . Namun disini saya akan membicarakan secara ‘menyeluruh’ saja

Secara garis besar keprihatinan saya terhadap perkembangan dunia musik Indonesia adalah terkait dengan masalah ‘tema’ yang disuarakan , itu pada intinya . Musik popular di Indonesia saat ini ‘miskin’ dengan gagasan-gagasan cerdas dari para komposernya . Ada beberapa hal sebagai faktor penyebab yang bisa saya uraikan secara singkat dibawah ini .

[—Selanjutnya disini—]

COMMENT ON MULTIPLY

  

About the Author

Bukan jurnalis bukan pejabat bukan juga politikus apalagi tentara....wong cuman seniman. Ibarat cermin bagi elok rupa maupun cermin bagi buruk rupa. Jangan membaca tulisan saya bila tampilan buruk rupa anda enggan dibaca.

22 Responses to “ Mimpi & Ngigau ”

  1. mas yok, saya ogah ngelindur mas…gak enak!! tapi kalau mimpi rasanya ok juga tuh .

  2. apa gara2 industrinya lebih banyak disetir kapitalis, pak?

  3. @sumantree ,

    hehehe..kalau ngelindur itu biasanya urusannya dengan “jatuh dari kasur” atau “jalan sendiri lalu nabrak tembok” dsb .

    Sementara mimpi … itu aman2 saja ..diem ditempat .

  4. hedi said: apa gara2 industrinya lebih banyak disetir kapitalis, pak?

    he..secara sebagai pelaku musik sejak 70’an hingga hari ini , nggak ada penyebab lainnya selain para kapitalis yang diuntungkan oleh aturan dan hukum yang bisa dibeli bahkan ditawar .

  5. Boring..om , generasi musik sekrg dibuat harus pede abis,tapi kerna perenungannya pas2an malah jadi norak. Persis like a badut on stage!!

    you rock..!

  6. Selamat panjang umur mas!! Salam sejahtera

  7. sengkyu bos

  8. levitas said: Boring..om , generasi musik sekrg dibuat harus pede abis,tapi kerna perenungannya pas2an malah jadi norak. Persis like a badut on stage!!

    –> ya..sih..tapi kan engggak semuanya kan ? ada juga sih satu / dua yang masih bagus tapi ketilep nggak kedengeran .

  9. Mas.. kira2 industri musik kita bisa balik ke jalur yang seharusnya nggak ya?
    Atau mas Jockie ada kiat khusus untuk melawan arus?
    bagi2 buat kita dong.. please.. hehe..

  10. koran Kompas 15 September 2008 hal.1 “MUSIK MENGGUGAH KEBANGSAAN”

  11. andhi said: Mas.. kira2 industri musik kita bisa balik ke jalur yang seharusnya nggak ya?
    Atau mas Jockie ada kiat khusus untuk melawan arus?
    bagi2 buat kita dong.. please.. hehe..

    –> wah..andhi , industri tergantung sama regulasinya . (keberpihakkan pada investasi local untuk kepentingan local). Kalau tren dan “melawan arus” dsb kembali kepada komitmen profesi ybs sendiri .

    Mau jadi seninam atau mengabdi pada industri . (itu pilihan)
    Kalau mau jadi seniman jangan pernah ‘takut miskin’ , walaupun juga berhak untuk bisa menjadi sejahtera (kaya) .

    Kalau mau jadi “pekerja seni” yang bekerja untuk industri dsb. siapkan target untuk “bergerak taktis & cepat” .(persis kaya strategi kaum saudagar)

  12. @andara , hehehe thanks udah dibaca.

  13. Dari file des 2007 ttg BPB “Dan tanpa saya duga jawabannya “lhoo…kan sudah diambil alih sama Erros dan Chrisye lagi semuanya yock…bahkan kontraknya kan sudah diperbaharui semenjak ada kasus persengketaan di pengadilan .”

    –nggak fair juga ya—

  14. Badai sudah Berlalu , mas

  15. Musik indonesia perlu dirawat dan diruwat.
    banyak penyakit yang nggerogoti
    banyak orang jahat pengkhianat hati
    seni jadi ngisein-ngiseini
    industri mengendus-endus ikan teri
    harmoni dikorupsi, duit dikentiti
    …………

  16. Peradaban ‘hasil’ neoliberalism , emang harus dibongkar ya mas

  17. Tumpas, mas! Lalu kita bikin pranata baru dari sisa peradaban lama yang masih ‘waras'( new order atau whatever! )kita masukkan idiom2 bahasa ‘keindonesiaan sejati’ kita yang ‘ditemani’ dengan teman2 jiran kita (tanpa ada unsur pemaksaan kehendak)lalu didik-kembali ‘masyarakat baru’ kita tadi ( yg mungkin mayoritas anak muda/belia )..budayakan apresiasi tanpa mengadili lalu masyarakat madani zaman Rasul pasti insya ALLAH terjadi.
    3 keywords : pendidikan,iman,respektasi
    Gak punya ini ya harus belajar keras agar punya dan kalo gak mau punya ya tumpas…karena dia aan jadi benalu peradaban berikutnya…maaf ya mas, kajiannya koq ‘ngarkeologi’ buanget…maaf kebawa…hehehe!

  18. wah..saya 100 persen sepakat mas..

    Selamatkan yang bisa diselamatkan
    Kerangkeng yang harus dikerangkeng , biar nggak nyusahin orang lain :)

  19. yang ngisi accoustic guitar di lagu merpati putih itu siapa mas???

    –> di album yang aslinya? (pertama)…, alm.Chrisye mas.

  20. Mas, wah cool site..!, ga nyangka keyboardist jago, desain page juga jago…
    Saya tau seorang Jockie waktu pertama kali dengerin kaset Chrisye pas SD kelas 5. Saya akuin permainan keyboard mas bener dinamis pas banget ama seleraku klo ada orang maen piano, saya belajar ngulik di beberapa lagu tp tetep ga bisa, abis terlalu sulit. hehehe…
    Saya sendiri ngefans ama gang band-nya mas mulai dari Chrisye n the gank (the gedongan stream) sampe God Bless (the pioneer in Indonesian rock industry)You’re great man….!!! ada beberapa pertanyaan nih mas.
    1. di lagu Sendiri, Chrisye, yg maen piano-nya mas Jockie apa Guruh?
    2. emang ada sedikit bentrokan paham ama Ahmad Albar, soalnya waktu pertama kali liat mas di meninggalnya Alm. Chrisye saya juga liat Ahmad Albar, saya sempet liat juga mas nyalamin Eross Djarot tp anehnya kok ga ky keliatan akrab gitu ya ama Ahmad Albar, ada apa mas?
    3. Sejarah belajar piano gimana kok sampe bisa brilliant?

    oke gitu aja mas, sebagai catatan saya sebenernya baru di Jakarta gara” kuliah di UI, sejak SD-SMA semua di lumajang, n selama itu pula saya dengerin karya” Mas lewat album”nya Chrisye.

    Ok, gitu aja, sukses selalu Mas…!!

  21. ah..bisa aja anda :)

    1. Yang main Addie MS (bagus ya mas) ya terang aja..wong Addie MS koq..hehe
    2. Hehe… ‘no comment’ mas
    3. Saya main piano kebetulan semenjak dari masa kecil mas

    O..jadi sekarang lagi kuliah di UI ya mas.., selamat deh semoga cepet selesai / berhasil dan sukses . Semoga bisa mensponsori saya nantinya..hehehe…(*investasi.com*)

  22. Sejam lebih nih mas Yockie, baca blog mas ini dari atas kebawah—, waktu saya lulus SMA pas album godbless semut hitam muncul,—-

    kalo dibilang sound dan permainan keybor mas yockie itu nomor 1 se indonesia, di album semut hitam lagu favorit saya malah “suara kita” dan “bla..bla..bla” dimana ciri keyboardnya kental sekali — mas yockie menjadi idola saya, vocalis yang lewat tangan mas biasanya melejit – di tahun yang sama saya suka denger lagu nya Mel Shandy — luar biasa, gila !!!, sampe sekarang anak saya yang 5 tahun juga nyanyiin bianglala, ulah tuan dan nona — wkwkwkwkwkwk…….

    untuk Rock, memang pasangan mas gitarnya hanya cocok dengan Eet Sahrani, dan Totok tewel — sangat GAHAR dan luarbiasa hebat…, kalau Mas Ian antono – maaf bukan tidak hormat, tapi terlalu lembut menurut saya. Kalo boleh milih. yah Eet Sahrani saja, sound gitar dan skill nya nya luar biasa —.

    Dulu, juga sering baca gosip di god bless mengenai mas itu tidak cocoklah dengan dsb…(yg biasanya mas tulis “no comment”), namun dari tulisan2 mas di atas yg bernostalgia ini rasanya saya bisa juga memahami kondisinya.

    Yah… semoga, kita masih bisa melihat keterlibatan mas lagi di karya musik indonesia …., sekarang mah mah … pusing ngelihat tv….

    YG POPULER malah, yg Asal lagunya liriknya nggak genah/ancur, atau tampangnya dibuat aneh-aneh, atau nama band nya klenik atau weeekkk — seminggu kemudian hilang mereka…

    jadi yah terpaksa nyetel sendiri, kantata,swami,godbless,mel shandy,hesty bridha — atau saya juga yg tinggal di dunia lain?

    salam rock,
    yro

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara