Horeii!

Selamat Ulang Tahun Rendra..! Semoga semakin panjang usianya serta jasmani rohani sehat walafiat , amin.

Tidak ada acara luar biasa menyertai perayaan ulang tahun ke 73 tersebut kecuali berkumpulnya hampir sebagian besar anggauta Bengkel Teater yang menyunguhkan semacam ‘art happening’ surprise bagi yang bersangkutan. Rendra tetap lantang sangar dan garang diusia malamnya  namun seketika bisa berubah menjadi sangat spiritualistik ketika berbicara tentang makna bagi kehidupan .

Hal itu pulalah yang diucapkan , sebagai permintaan lisannya sambil memotong kue dan meniup lilin ber-angka 73 ; “doakan saya agar mampu melengkapi tuntutan aqidah didalam agama saya , agar saya tidak dicemooh oleh anak dan cucu saya nanti , sebab ternyata ibadah saya masih bolong-bolong” , ujarnya.

Satu catatan yang menjadi cukup penting bagi saya adalah dialog saya bertiga bersama Iwan Fals (Sawung Jabo sedang absen karena kondisi badannya kurang sehat) . Yaitu “Kesepakatan kami bertiga untuk segera melakukan WorkShop musikal” . Semoga saja saya dan teman-teman diatas masih diberi kesempatan oleh Yang Maha Esa untuk sekali lagi melakukan kerja berkesenian bersama , InsyaAllah .

salam.

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

20 Responses to “ Horeii! ”

  1. segeralah terwujud workshop musikal tersebut…
    sehingga bisa memberi pencerahan bagi dunia musik di Indonesia..
    bisa memberi cahaya di meredupnya kualitas..
    Horeiii

  2. Sampean menulis : Rendra tetap garang di usia malamnya……
    Nah….dibanding Rendra, usia Mas Jockie masih Ashar lho….. Jadi ya…mestinya bisa lebih garang …he…he…he….. Saya menunggu lirik2 ganas sampean……..!!!
    Dunia musik industri Indonesia saat ini rasanya memper2 seperti th 1960-an s.d pertengahan 1970-an.

  3. @benni ,

    sip! hehehe

  4. @mas Indrayana,

    hehe..komporin terusss…sampe meledug.. :)

  5. Mas Yock, titip ucapan saya buat mas Willybrodus Surendra bawana Rendra (jenenge dawa bgt koyo sepur).. Semoga bertambah baik jiwa dan raga…. Mas, Workshopnya tenanan lho yo, nanti saya dikabari.. ta enteni lho mas..suwun :)

  6. Baik mas , InsyaAllah saya sampaikan nanti . Perihal namanya yang mirip ‘sepur’ saya sepakat mas hehehe…

    Raden mas joyo mangkuning wanito wudho.

  7. jenenge dowo ora opo2, yang penting dowo atine (sabar), dowo umure!
    panjang umur mas willy!!
    mas yockie, ojo ngapusi lho. workshop-nya di enteni wong sak jagat indonesia raya

  8. lhooo..koq ngapusi iki lhoo , wah dhoso aku nak ngapusi mas..hehehe. Kan yang “mengijinkan” bisa terlaksana atau tidaknya bukan kita mas .. (jurus ngeles)

    InsyaAllah mas…Desember besok sudah bisa mulai ngumpul “gonjrang-gonjreng” :)

  9. akhirnya..
    ini yang kita tunggu2..
    kira2 siapa aja yang bakal terlibat di workshop-nya Mas?????

  10. ya kalau eksplorasi musikal tentu yg terpenting kami bertiga: Iwan & S.Jabo . Kalau sudah ‘thematik’ baru mas Willy dilibatkan. Yang lain2 sesuai kebutuhan .

  11. workshope ta enteni tenaaaan.. kalo bisa jangan cm bertiga+mas willy mas.. ngajak mas sri, mas doni fatah, mas naniel, mas jody :) lhoo…kan dadi kantata maneh to..he..he.. Jujur mas, saya bener2 butuh nyerap energi dr kantata lagi… saya inget lho waktu 2003 di senayan.. ta rewangi ndak karu2an buat brngkat nonton di jakarta..dan hasilnya buat jiwa saya..waduh..daahsyat mas.. Semoga “Penguasa Waktu” msh mengijinkan ‘pusaran energi’ itu muncul dipanggung lagi..duh..kangen tenan.. wah sorry mas..jadi curhat nih :)

  12. Kantata menjadi “ada” , karena proses sebuah elaborasi kesenian antar saya , iwan fals , sawung jabo dan ws.rendra hingga akhirnya meng-kristal menjadi sebuah ekspresi musik dan sebagainya , mas.

    Para teman2 yang lain adalah bagian dari “men-dinamisasikan” gagasan yang sudah meng-kristal diatas.

    Dalam perjalanannya , ketika kami pernah mencoba untuk langsung meng-eksplore bersama-sama (grudhukan bareng2..) , hasilnya hanya “kegaduhan” yang hanya mengusung muatan “provokasi-provokasi” pragmatism.

  13. ok deh mas…saya doakan lancar,aman terkendali :)

  14. hehe maturnuwun mas , aman sih “pasti aman” , kalau “terkendali” wah…nggak tau mas…tergantung biaya operasional hahaha..!

  15. mungkin workshopnya bisa menghasilkan album yang agak religius atau berkontemplasi lah…
    lirik kan ngaak harus mengambil ayat2 suci dan ngaak harus marawis style.
    saya pikir dengan banyaknya syair WS Rendra yang religius+lagu iwan fals (doa), harapan saya ini ngaak berlebihan.
    sampeyan juga ngaak bisa menghindar dengan alasan bukan alumni pesantren. he..he
    lha lagu God Bless (Menjaring Matahari, kalo ngaak salah judulnya), syairnya agak-agak dalem kan..

  16. mungkin workshopnya bisa menghasilkan album yang agak religius atau berkontemplasi lah…
    lirik kan ngaak harus mengambil ayat2 suci dan ngaak harus marawis style.
    saya pikir dengan banyaknya syair WS Rendra yang religius+lagu iwan fals (doa), harapan saya ini ngaak berlebihan.
    sampeyan juga ngaak bisa menghindar dengan alasan bukan alumni pesantren. he..he
    lha lagu God Bless (Menjaring Matahari, kalo ngaak salah judulnya), syairnya agak-agak dalem kan..

  17. lha…mas saya alumni pesantren je’… “pesantren kebo giro” hihihi..

  18. hasilnya hanya “kegaduhan” yang hanya mengusung muatan “provokasi-provokasi” pragmatism

    wah ..kayaknya album terakhir tuh..yang sampulnya berwarna hijau dan merah ya.. Betul bung?

    Tapi apakah mungkin workshop juga melibatkan musisi/seniman/budayawan muda , sehingga regenerasi dari generasi berkualitas ini gak putus.. alaupun cuman mengamati saja, tidak terlibat jauh
    Sehingga menghasilkan karya yang berkualitas dari generasi ke generasi [kok kayak iklan ya hehehe]…

    Jadi, skrg gaul belum lengkap tanpa dengerin karya2 Kantata [formasi awal]..
    Secara musiknya gak bikin kita bodoh..
    Ya iya dong, masak ya iyalah…
    Adanya juga buah kedondong bukan kedonglah, makannya juga berondong bukan beronlah !

  19. merah putih hijau dan biru…pelangi2 alangkah indahmu..*bu kasur*

    Ben.. kamu lagi ‘selesma’…ya?

  20. gak ‘selesma’ kok…
    tapi emang lagi musim hujan hehehe..

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara