Inspirasi bagi Dunia

wastafel
Dunia sedang galau dunia sedang gelisah.., penghuninya sedang ‘kacau’ sedang saling mengasah ketrampilan masing-masing, agar bisa ‘survive’ keluar dari berbagai krisis serta kesulitan yang nggelombal.

Indonesia resah..? Indonesia gelisah..?

Ahh.. karena sudah terlalu lama gelisah dan susah ..maka orang Indonesia relatiP merasa aman-aman saja a’tuh.. (sundanis aksen) ,paling tidak dibandingkan dengan apa yang dikatakan oleh seorang Hillary Clinton . (wess..podo ae’ kata orang jawa) . Bahkan dengan rendah hatinya Hillary menambahkan lagi…, Indonesia bisa menjadi ‘kasus percontohan’ bagi masyarakat dibelahan dunia lain khususnya di mata bangsa Amerika . (“wallahh tobill anak kethek..”)

Kalau itu maksudnya adalah perkembangan demokratisasi disegala aspek bidang kehidupan bagi masyarakat yang multi kultural / heterogen. Wah..saya berhak untuk merasa bangga juga tuh…, walaupun tak terpungkiri dalam hati juga masih terasa ketar-ketir dag dig dug…., apa iya..? Iyaaa….betull ituu…, kata mbah maridjan nyeletuk memotong ng’linduran saya. Semangat sekali dia…diam-diam menguping’i pikiran saya.

Padahal saya merasa..(*maaP ini hanya ofini*) kita sendiri sebagai masyarakat yang merdeka, bukannya juga sedang menggeliat sekuat tenaga? mempertahankan apa yang bisa dipertahankan dan mempertahankan apa yang ‘harus’ dipertahankan…?, lhoo…wong kita belum lagi membuktikan “sepakat-mupakat” bersama-sama untuk membangun kehidupan yang lebih baik kedepan … tulus bergandengan tangan dan tidak saling sikut menyikut, jegal menjegal, tispu menispu dan lain sebagainya…,emberrr..

Kita sedang mencari-cari ‘cara’ dan meraba-raba…koq tiba-tiba dipuji layaknya sebuah bangsa yang telah muncul dengan success story yang layak dibanggakan dunia. apa iya..?…betull ituu…, lagi-lagi mbah kromo (tetangga sebelah) ikut-ikutan menyela lamunan saya. Namun tak berapa lama si mbah ngingetin cucunya yang mati di tragedi Trisakti tanpa bukti yang jelas siapa yang memerintahkan untuk menembakinya. Bahkan orang-orang yang dulu diposisi strategis militer dan berpotensi menentukan perintah…, kini semuanya sedang sibuk ikut pawai untuk jadi presiden. Mana ada dari mereka semua yang inget etika hukum apalagi pengadilan…..wuih!

Amerika sedang ‘bingung’…, itu jelas. Tetapi masyarakatnya kan masih kaya raya dibanding dengan masyarakat Indonesia. Dunia gelisah…, itu benar . Lalu mengapa datang pujian secara tiba-tiba ke alamat Indonesia..? Ahh…. itu karena torang bisa biking empek-empek jo.! , celetuk si amrin yang blasteran menado campur palembang.

Si kecil upik membisiki kuping : bersyukurlah…kita dianggap inspirasinya dunia , semoga semua orang Indonesia pada sadar dan tau diri…, bahwa masih banyak yang lebih susah daripada kita semua , katanya lirih sambil jari telunjuk mengorek-orek lubang hidung mengejar mangsa.

Hm..ya UPil itulah kata kuncinya.., kita bisa segera keluar lebih dahulu dari krisis ekonomi dunia dengan mengeksport “yang tadi itu” . Bayangkan…jumlah yang hampir sekitar 245 juta itu..kalau dikumpulin, berapa ton sehari kita bisa mengeksportnya. Sungguh sebuah terobosan ekonomi kreatif untuk menyongsong tahun 2009 ini bukan ?

Betapapun baik dan betapapun buruknya… ini rumah kita semua , mari kita letakkan dalam bingkai di lubuk hati bahwa kita adalah “inspirasi” bagi dunia. Semoga bukan hanya sekedar inspirasi untuk dijadikan ‘tempat cuci tangan’ atau membuka ladang kebun yang hasilnya akan dikuasai oleh ndoro-ndoro londo seperti jaman dulu , namun sebuah proses ‘bertanam’ yang kelak buahnya benar-benar akan dinikmati oleh masyarakat bangsanya sendiri . Yuk..lagi ah..,merdeka..(kalem aja)…nggak usah tereak-tereak kayak kaum fasis jaman doeloe.

salam,
jsop

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

15 Responses to “ Inspirasi bagi Dunia ”

  1. Saya kadang bingung bangsa kita kalau mendapat sanjungan begitu lansung besar kepala padahal pujian belum tentu keuntungan bagi kita bisa aja itu kritik yg dilontarkan secara halus tp menusuk,eh kita malah bangga dan yang menjadi inspirasi apa gitu loh..cape..deh. Mungkin contoh para pemimpi..n kita yang saling cerca dan mencela, anggota DPR yang korup,malas dan menghabiskan uang rakyat aja yang menjadi inspirasi bagi dunia kali ya..mas Yock. Sungguh Kasihan Negeri ini….

  2. hahaha..ingat strategi menyiasati karakter masyarakat kita. (tentang ATM) Dibujuknya kita masuk keruangan atm dengan janji2 serta puji2an nasib baik dslb. Lalu tanpa sadar kita digiring “ketik reg.nomer pin” hahaha…, amblassss sak enthek2e..

    haha..hati2 lho , nanti kita bisa dibilang ‘sinis’ lho mas..(sama orang2 yang suka menjilat-jilat itu)

  3. Tentang kata2 hilary clinton :

    SETUJU !
    Setuju….


    setuju ?

  4. Mas, kalau Hillary teh presiden Sudan yaa … eh salah ding … presiden Ethiopia … bener kan ?

  5. Bener mas, dulu bahkan pernah jadi pejabat kelurahan di rt saya .
    Dulu namanya bu endang hihihi.. Tapi kita lagi ngomongin Hilda Kartono kan ya..?

  6. halo bapak-bapak! mbok jangan pesimis gitu!!!
    gimana tidak kita sebage bangsa ngendonesya ini bangga
    menjangdi ingspirangsi bagi penduduk dunia?????
    PeDe dwong!!
    wong ngamerikah saja sekarang lebih milih presiden apkiran alias assem-beling buatan indonesia!
    noooh !…si oo’ ( obama maksude) kan gede dekil di menteng
    ka’pan begitu mas jock????
    WUEHEHEHE!

  7. Saya sudah begitu mas..hanya bedanya.., saya dekilnya terus2an..hihi..

  8. Biar dekil tapi kan ngibord…ngibord…!!!
    mas, kapan dong jsopers nge-coffee ground( kopi darat ) hehehe…
    jam session kek, apa kek, asal jangan makar…huahahaha!!!

  9. pilihan paling bener sih ‘ngopi2′ ya kayaknya..? Kalau makar…emang duitnya dari mana? mau makar sendirian..? jangankan melawan TNI…ama hansip aja udah ngabrit nggak keruanan…hehehe

  10. ayo dong mas…tenenan…ngopi nang ‘ndi ngono lho, je’…
    sambil nge-jam opo leyeh-leyeh…
    sa’wulan opo rong wulan sekali. Silaturahmi JSOP etc..
    btw, JSOP itu bisa: Jockie S. Oentoek Presiden , yo???
    HEHEHEHE!!!

  11. ayo saja mas, tapi kalau sampeyan berharap saya yang mempersiapkan jadwalnya (apalagi rutin) ..hm saya harus menata apbn dulu ya..hehe

  12. Wah jangan sampeyan dong!…Ya semua JSOPers kerjasama-lah…
    urun rembug…ada yang nyumbang tempat ( wapress misalnya )…trus setting acaranya ( santai aja gak usah pake tuxedo,ieheheee!), lalu topik obrolannya ya ngalor-ngidul..sakenanya dulu aja…nanti baru kan nemu klik-nya…, lalu nge-jam deh..ini sih mudah kan…asal spontan ajalah…

  13. sip nggak pake tuxedo , sarungan ae’ .

  14. sarung oke…celana sate yo keno pak’e…
    saya sih pasti juga sekalian bawa kaos metal hehehe! mas Jock size-nya XL atau XXL kan?hehehe…hehehe…

  15. sip..sip mas

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara