Maklumat July 2009

map

Menyadari kenyataan mutakhir kita sebagai bangsa juga sebagai negara yang kian dekaden, karena ketidakmampuannya memelihara dan mempertinggi harga diri, potensi, kemajuan serta kekuatan nasionalnya yang penuh sejarah, kami menganggap perlu dilakukan perubahan yang substansial oleh semua pihak, baik penyelenggara negara, elit bangsa, maupun masyarakat luas.

Perlu bagi kita memperkuat daya pikir yang sehat dan jernih melawan masih kuatnya feodalisme dan mentalitas destruktif yang menciptakan kemalasan, peniruan, atau konflik sektarian. Perlu mengeksplorasi dan mendayagunakan khasanah tradisi dan kearifan lokal yang sudah dikembangkan ribuan tahun demi menegakkan kekuatan-kultural, bukan hanya untuk mempertegas eksistensi-diri dan memperkuat kemampuan integrasi-diri, tapi juga sebagai posisi tawar dalam pergaulan dunia.

Berlandaskan itu, perlu dikoreksi kembali dasar-dasar materialisme yang melahirkan liberalisme dan pada akhirnya kapitalisme yang menjerat rakyat dalam krisis hingga runtuhnya sikap kebersamaan di hampir seluruh dimensi. Untuk itu, perlu menyiasati percepatan perubahan yang terjadi melalui globalisasi dan teknologi tinggi dengan disiplin, kerja keras, ketekunan, ketangguhan kompetitif, dan kerelaan berkorban.

Maka, tak terelakkan perlunya penyelenggara negara, memperkokoh dirinya dengan kepribadian yang kuat berlandaskan pada dinamika kebudayaan, dalam membuat pilihan-pilihan yang berpihak pada rakyat dan demi kejayaan generasi mendatang serta menjadi contoh terbaik bagi rakyat yang dipimpinnya.

Jakarta, 26 Juli 2009

Kami,

Seniman dan Budayawan Indonesia

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara