kebenaran bagi kebaikan

truth

Negara yang baik diatur dalam sebuah pemerintahan yang benar

Pemerintahan yang benar mengatur , agar segenap warga negaranya bisa bekerja untuk membayar pajak serta membiayai kebutuhan hidupnya .

Pemerintahan yang disebut dalam bahasa asing “good governance” , selain bebas dari perilaku manipulatif korup aparatnya sendiri … juga pemerintahan yang harus melahirkan produk hukum / berbagai peraturan :

a. perlindungan terhadap hak-hak ekonomi warganya dari penjajahan ekonomi bangsa asing.
b. perlindungan terhadap nilai2 moralitas yg telah lama disepakati dari paham kultural suku2 bangsanya sendiri yang beragam.

Dua itu saja dululah ,

Cobalah berdialog pada ‘cermin’ , mengapa sekarang banyak orang menjadi ‘fanatis dan anarkis’ , bukankah itu disebabkan karena semangat kebersamaan dalam falsafah gotong-royong kita telah tercabik dan terkoyak , ditambah lagi ‘hukum negara’ tidak mampu tampil saat masyarakatnya membutuhkan perlindungan produk hukum2 yang dibutuhkan ?

Ketika hukum berbunyi dan terbaca dari lembaran2 kertas , namun tanpa aktualitas yang mampu menjawab adil bagi persoalan yang dihadapi rakyatnya , harus bagaimana dan disudut manakah rakyat yang disebut sudah merdeka itu harus menempatkan posisinya.

Ada slogan pemberantasan korupsi menggebu-gebu , namun dalam pelaksanaannya setengah hati … sebab menyangkut kepentingan ‘bayangan masa lalu’ pejabat2 tertentu . Ada mayat / jenazah teroris yang menistakan hak2 hidup orang lain … namun aparatpun memperlakukan penistaan jenazah dengan cara2 yang kurang lebih tak ada bedanya dengan para teroris yg tak menghormati norma2 bagi umat yang beragama .

Saat para birokratnya terus sibuk bertengkar memperdebatkan ‘kalimat prosedur’ , rakyat sudah berjejer mengantri menunggu hasil yang konkrit .

Lalu saya bertanya dalam hati : untuk apa saya punya negara bila tak memiliki pemerintahan yang sanggup mengurus negara dengan baik .

Lalu saya bertanya dalam hati : untuk apa saya harus menghormati ajaran agama , bila agama tidak menghormati nilai2 kemanusiaan universal .

Lalu saya bertanya dalam hati : Tuhan … turunkanlah isyarat “the truth” yang lebih jelas , agar persoalan ini bisa segera diselesaikan “the rights” dengan tuntas .

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara