keponakan nikah

Hari ini keponakan menikah , inti masalah yg ingin saya sampaikan bukan soal acaranya namun substansinya … bahwa pada hakekatnya tidak ada satu orangpun yg siap menghadapi komitmen pernikahan , namun harus siap untuk menjalani satu pilihan cara hidup berdampingan , ketika ‘way of life’ tsb tidak muncul dan ditaati …… maka ada sejuta alasan untuk antri di loket perceraian

Mungkin saya juga adalah termasuk generasi pemula yang melakukan ‘perlawanan’ kepada pola2 lama adat istiadat (feodalistik) yang sudah sy anggap tidak sesuai lagi dengan tuntutan perkembangan jaman disaat itu .

Selanjutnya saya ‘istilah’kan saja adat2 feodalisme tsb dengan satu ideologi (sebagai per-misal kata-an)

Generasi tersebut paham dan merasakan… See More betul masa2 transisi kultural yang terjadi waktu itu . Ibarat ‘kaki kiri’ masih tersangkut dengan paradigma para orang2 tua tempo doeloe … sementara ‘kaki sebelah kanan’ sudah menapak ingin menyebrang meninggalkan .

Generasi tersebut dengan sendirinya juga memiliki warisan adat melekat yang bisa dijadikan referensi untuk membangun paradigma kebudayaan yang baru . Warisan adat yg tidak bisa ditinggalkan atau dibuang begitu saja adalah ‘sistem nilai’ , yang menjadikan alasan akan keberadaan mereka sebagai sebuah masyarakat dari satu wilayah geografis … dan pemicu lahirnya kultur budaya tertentu.

Tantangan bagi generasi hari ini adalah … terasa pudar serta tereduksinya ‘sistem nilai’ tersebut oleh sebuah kepentingan / propaganda’ atas nama modernitas demokratis’ namun tidak memiliki ideologi apapun yang bisa dijadikan acuan serta panduan untuk membina cara hidup yang lebih baik.

‘Ideologi kultulral’ kotak pandora … yang berdampak bagi sulitnya pasangan2 hidup baru di jaman ini untuk menentukan pilihan sikap (way of life) termaksud diatas. Selanjutnya seperti biasa dan lazimnya … saya ucapkan selamat menempuh hidup baru kepada setiap pasangan hidup baru , apalagi kali ini adalah keponakan saya sendiri …. doa kami , semoga berjalan sesuai harapan dan cita2 kita semua , amien

Karena sebagai masyarakat yang mengenal Tuhan dan harus patuh pada ajaran2 disetiap agamanya , kita diwajibkan untuk tetap membina rumah tangga , dan melahirkan keturunan yang baik (sakinah dan solehah ).

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara