sadar esensi

Saat anda sukses dalam usaha biznis , bukanlah anda yang hebat karena pintar bolak balik menghitung angka2 … tapi karena adanya suatu kerjasama bagi kepentingan jenis lalu-lintas produk ekonomi yang ada . Kesadaran untuk menjaga ke-sukses’an-nya adalah dengan ‘melindungi keberlangsungan ‘hidup’ pihak-pihak yang terlibat dalam lalu-lintas jenis produk ekonomi tersebut. Terkecuali anda disebut sukses karena sekedar hinggap di batang pohon seperti layaknya benalu yang hanya menghisap intisari tanpa membawa manfaat apa2 … jenis dan katagori itupun ‘ada’ dan disebut juga sebagai ‘pilihan’ , namun jenis pilihan yang buruk . Tidak ada pembenaran sama sekali untuk melegitimasi pilihan tersebut , bahkan dihadapan Tuhan melalui ajaran agama apa saja.

Saat dianggap menjadi idola , jangan hanya karena ngganteng / cantik rupawan dimata para pemuja … berkilauan indah seperti bintang yang bersinar di angkasa. Tapi jadilah idola yang seutuhnya … yang memberikan inspirasi bagi tumbuhnya daya hidup semua orang yang mengagumi eloknya sinar yang menghiasi langit . Cantik Elok dan Rupawan itu estetika … dan itu bukan hanya otoritas milik manusia saja , iblis lebih pandai menggunakannya .

Musik dan lagu adalah bahasa komunikasi yang universal , dapat dipahami melalui dua pendekatan misalnya dengan analogi ‘abstrak maupun yang realism’ . Bahasa yang abstrak bisa dinikmati ketika kita mendengar komposisi makhluk alam yang ditimpali oleh sapaan angin yang membelai pucuk2 dahan di sebuah keheningan suasana. Komposisi yang membangkitkan kesadaran akan daya hidup termaksud . Di pihak lain adalah komposisi realism , komposisi yang menawarkan keindahan2 lewat indra dengaran yang dirancang dengan menggunakan alat2 instrument musik … keindahan2 yang seyogyanya wajib membangkitkan kesadaran2 serupa seperti apa yang saya jelaskan diatas.

Di era pragmatisme , disaat jaman didorong untuk hanya berurusan memburu kesenangan2 berjangka pendek dan yang dapat diraih dengan cara secepatnya , maka hanya materi lah satu2nya tiket yang harus dikuasai , manusia sadar ataupun tidak sudah menjadi makhluk2 penyembah berhala . Walapun sudah ditutupi dengan jabatan2 terhormat hingga sampai pada alat2 peraga seperti jilbab , sarung , kerudung2 atau apapun juga ornamen2 pelengkap yang dibutuhkan bagi eksisnya sebuah status .

jsop

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara