apa itu Moral

MORALITAS adalah sebutan bagi hadirnya: sistem nilai yg membidani lahirnya Kepatutan , Kelayakan dan Kepantasan , yang diukur dari kebiasaan2 satu masyarakat dalam menjalani paradigma pergaulan hidup diantara sesamanya. Yang kemudian disebut sebagai sistim etis atau ETIKA.

Paradigma pergaulan didalam satu sistem masyarakat itulah yg lazim dikenal dengan sebutan : adat dan istiadat. Adat istiadat bukan hanya milik orang desa yg masih kuat dan kental dalam mewarisi tradisi2 lama , di kota2 besar modern dibagian belahan bumi manapun selalu dikenal ‘Adat Istiadat’ yang harus ditaati oleh setiap warganya. Tentu adalah adat istiadat yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan perilaku bagi orang2 kota yang hadir dengan karakter spesifiknya masing2.

Moralitas yang ber-metamorfosis menjadi ETIKA , adalah sistem Hukum yang tidak tertulis (normative non tekstual) . Jangan pernah mengaku ber-moral jika tidak menghormati apalagi tak mengenal apa itu ‘adat istiadat’.

jsop

  

About the Author

Bukan jurnalis bukan pejabat bukan juga politikus apalagi tentara....wong cuman seniman. Ibarat cermin bagi elok rupa maupun cermin bagi buruk rupa. Jangan membaca tulisan saya bila tampilan buruk rupa anda enggan dibaca.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara