Produk2 Kebudayaan

Produk Politik dalam KEBUDAYAAN:

Politik itu adalah alat untuk memfasilitasi mekanisme tarik menarik kepentingan diantara sesama warga masyarakat.  Kepentingan2 yang diharapkan mampu melahirkan sistem per-undang2an/regulasi baru , yang selalu uptodated dengan kebutuhan serta perkembangan dalam peri-kehidupan bermasyarakat di jamannya … apa produk politik kita sampai hari ini?

Produk Politik melahirkan : demokrasi -> pemilihan pemimpin2 -> wakil2 rayat / pemilihan anggota dpr -> perundang2an /regulasi -> hasil ?

Produk Ekonomi dalam Kebudayaan:

Adalah tatanan sistem Industri yang menopang teori ekonomi kerakyatan sebagai sistem ekonomi yang dibangun atas dasar sumber daya manusia yang memanfaatkan modal sosial ekonominya beserta kekayaan2 yg tersedia dari sumber daya alamnya sendiri.  Semuanya itu dalam skala prioritas dikembalikan demi kesejahteraan bagi masyarakat bangsanya sendiri … apa produk ekonomi kita sampai hari ini?

Produk Ekonomi hanya memfasilitasi:  tehnologi yg di import -> barang konsumtif import -> konsumerisme -> ketergantungan pangan -> hasil ?

Produk Hukum dalam Kebudayaan:

HUKUM itu adalah kesepakatan tertulis sebagai landasan dalam ber-bangsa/Negara yang telah dicapai , atas dasar permufakatan bersama untuk taat dalam aturan2 sesuai dengan cara2 ber-Kebudayaan yang melahirkan satu Ideologi untuk mengawal “mana yang boleh dan mana yang dilarang” … apa produk hukum kita sampai hari ini?

Produk hukum :  -> hukum ‘hasil adopsi’ -> undang2 yg seperti ditulis diatas air ->berbagai  regulasi yang enggak nyambung dengan realitas sosio-kultural masyarakatnya sendiri  -> hasil ?

Produk Sosial Budaya dalam Kebudayaan:

Adalah sistem untuk mengelola dialektika pergaulan ditengah2 masyarakat yang majemuk & heterogen / multikultural . Aspek ke-Tuhan-an YME yang membidani lahirnya sistem nilai / azas Peri Kemanusiaan sebagai panduan bagi seluruh warga masyarakat untuk dapat menyalurkan berbagai ekspresi2 pengabdian pada bangsa dan Negara / nilai2 kujujuran / kesucian dan keindahan / maupun pencerahan2 melalui produk2 budayanya misalnya seperti dalam berkesenian dlsb … apa produk sosial budaya  kita sampai hari ini?

Produk sosbud: -> ber-ke-Tuhan-an -> budaya bermasyarakat -> budaya berkesenian -> hasil ?

Darimana harus memulai menata seluruh komponen2 yang diperlukan bagi terselenggaranya sistem ber-Bangsa dan sistem ber-Negara , jika KEBUDAYAAN satu bangsa itu sendiri tidak pernah diletakkan sebagai satu IDEOLOGI.

jsop

 

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara