pemimpin2 bodoh … ah masa

‘Bangsa ini dipimpin oleh pemimpin2 yg bodoh’ ; … ah yang bener , coba kita kumpulkan dulu data2nya secara komperehensif (lengkap) dan holistik (menyeluruh)

Menurut saya , bukankah sampai dengan era ORBA pranata Hukum dalam ber-Negara di negri ini secara diam2 relatif masih ‘patuh’ pada tatanan hukum warisan adat , karena itulah dulu sering muncul istilah ‘Negara-Jawa’ (kalau bukan orang jawa nggak akan bisa jadi pemimpin , apa saja). Reformasi 98 adalah juga sebuah upaya yang lebih sungguh2 untuk menempatkan Hukum formal/positif , agar sesuai dengan apa yg dijanjikan lewat kesepakatan dalam Konstitusi Indonesia.

Namun apa jadinya ketika Sistim Perundangan tersebut masih didominasi oleh hukum dari produk2 jaman yg sudah kadaluwarsa. Padahal Hukum Negara itu bukan dogma agama yg wajib disakralkan , hukum negara adalah aturan2 yang selalu menyesuaikan diri sesuai dengan tuntutan masing2 jaman yang membutuhkan. Karena itulah ketika disana-sini terjadi ‘blunder hukum’ yang saling berbenturan , sering saya menyebut ini ‘dosa konstitusi’ . Padahal kita sendirilah yang selama ini membuat konstitusi tersebut menjadi tampak harus ‘memikul dosa’.

Kembali kepada definisi ‘pemimpin bodoh’. Dulu semasa era ‘negara-Jawa’ , seorang presiden bisa memecat dirjen yg nggak becus bahkan perintahkan ‘intelejen’ untuk menggusur lurah/kepala desa sampai ke level/kelas camat sekalipun juga. Presiden Republik Indonesia adalah ‘raja’ terselubung dari Kerajaan Jawa yang mengayomi Kerajaan2 lainnya , perintah raja jawa itu tidak boleh didebat.[ ‘tak gebug kowe!’]

Singkat kata , kalau kita sadar dengan se-sadar2nya untuk berpikir dengan waras se-waras2nya … Bangsa ini hanya belum terbiasa dan belum juga siap untuk menjadi INDONESIA , kita sudah terlatih dan siap sebagai JAWA dan lain2nya yang sudah terbukti berusia ribuan tahun lamanya.

Berpikir positif? .. ya ayo , jangan ngomong doang!

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara