negara berhasil?!

Negara Gagal? … kalau sudah gagal ya nggak perlu lagi diomongin [gagal atau tidak] karena sudah nggak ada gunanya , sudah gagal koq masih dibahas! Yang pasti dari sejak awal reformasi hingga awal 2004 , sudah santer kasak-kusuk tersebut , sudah pula tanya kesana kemari , pada mereka yang memang ahli dibidangnya sendiri2.

Ada angka2 hutang negara dari 1.232,5 triliun (baca: seribu dua ratus tiga puluh dua trilyun dan lima ratus milyar) … hingga saat ini dalam kisaran 1.903 (baca: seribu sembilan ratus tiga trilyun). Sebentar lagi 2000 trilyun boo … *nolnya berapa hitung aja sendiri*

Tentu saja ada cadangan devisa serta target2 pendapatan Negara yang ingin dicapai sesuai dengan apa yang ada dalam agenda perencanaan pembangunan dst.dst. Namun ada juga LOGIKA LEMPENG yang tidak bisa tidak diabaikan untuk dipungkiri begitu saja: Yakni kondisi psikologis masyarakat mayoritas menghadapi kenyataan2 yang ada , yang bukan dari muluknya janji dan menggiurkannya lewat espektasi hitung2an angka dari julukan negriku negri jamrud katulistiwa yang sungguh kaya raya.

Nyari duit makin susah karena rupiah tidak beredar kebawah , biaya hidup semakin tinggi dan prestasi yang paling hebat orang Indonesia adalah korupsi. Lalu bagaimana caranya menghindar dari daftar Failed State yang beredar di amrik sono

Artinya apa? artinya sekarang masih belum berhasil ‘masih gagal’ (semenjak merdeka 1945) , nanti kalau sudah bener2 sejahtera barulah kita bisa ngomong Indonesia setelah merdeka bukan lagi negara gagal , tapi negara yang sudah berhasil. Amin .. “lalu kapan itu terjadi” ; ya tanya sama diri kita sendiri , jangan tanya pemerintah , emangnya negara itu pemerintah?

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara