kesemuan yg palsu

KEINDAHAN itu lambang dari simbol2 KEJUJURAN yang esensial , hakikat dari nilai-nilai tentang KEBAIKAN yang menjadi landasan ditegakkannya satu KEBENARAN. Dan kebenaran itu menjadi aturan/hukum. Begitulah struktur diagramatik dari definisi baku yang menjadi tatanan hidup dalam ber-peri-kehidupan yang kita pahami.

Keindahan bisa hadir dari obyek yang paling sederhana hingga bisa ditampilkan dalam wujud kemasan ‘kemewahan’ yang mengundang decak kagum pesona.

Yang ingin saya sampaikan disini adalah: Apa yang akan terjadi … jika ternyata akal manusia mampu merekayasa sebuah cara2 tertentu , hingga menjadi sebuah kebiasaan / paradigma budaya , bahwa makna KEINDAHAN itu ternyata tak lagi harus sesuai/empiris dengan diagram pada paragraf kalimat diatas.

Keindahan yang manipulatif tentu adalah kebohongan yang jahat , apapun dalil2 yg digunakan untuk menjadi berderet barisan alasan. Estetik cara berpakaian? , estetik tutur kata dalam retorika , estetik wajah/tubuh/penampilan , estetik life style dan lain2 … rokenrol!

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara