apa sih musik itu?

“musik itu harus enak didengar karena musik itu untuk dinikmati”:

secara definitif harus dipahami bahwa sebutan ‘enak’ , itu terkait dengan masalah suka atau tidak suka , yang kemudian bisa dirinci lebih detail karena menjadi : kebiasaan2 yang memotivasi : selera. [cttn: selera tidak melibatkan ranah intelegensia]

Sedangkan keterangan: ‘dinikmati’ , adalah perilaku yang dikerjakan ketika setiap orang selalu merasa mendapat manfaat dari apa yang dia lakukan sebelumnya , ‘menikmati’ adalah perilaku mengulang kembali berbagai hal yang sudah diketahui.

Bunyi suara musik itu sendiri merepresentasikan analogi dari kerja pikiran didalam otak yg dikelola perasaan setiap manusia.

Artinya , ENAK dan DINIKMATI adalah kesatuan dalam kalimat tentang kebutuhan2 yang saling terkait antar satu sama lainnya. Mereka hadir secara lengkap berserta muatan2 substansinya masing2.

Musik ENAK akan menjadi ‘industri beracun’ jika tidak disertai manfaat apa2 yg bisa ditemukan didalamnya. Musik yang bermanfaat sekalipun akan terasa seperti pil kina pahit jika mengabaikan citarasa (bukan selera)

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara