agama bukan Tuhan

SUBSTANSI MAKNA: Agama itu bukan TUHAN :

Fungsi Agama juga ‘ibarat kantor pos’ yang masing2 punya aturan untuk bertugas menyampaikan apa2 saja yang ingin disampaikan. Seperti halnya saya yang menginginkan sesuatu agar dikabulkan oleh Tuhan , maka saya wajib membaca ayat2 suci yang diwajibkan sebelum menyampaikan permohonan tentang apa yang saya inginkan. Ibarat perangko yang harus melengkapi surat sebelum dimasukkan kedalam kotak pos.

Tentu tidaklah sesederhana itu memaknai Agama , banyak variable2 lain sebagai kelengkapan makhluk ber-Tuhan untuk bisa masuk keruang kantor pos termaksud. Namun jangan lupa … bahwa bukan hanya kita sendiri dimuka bumi ini yang memohon keinginan2 serupa. Ketika kita berseberangan dengan kepentingan pihak lain yang berbeda , merekapun juga melakukan hal yang sama kepada Tuhan yang sama.

Didalam setiap ajaran juga terkandung muatan Politik – Hukum – Ekonomi dan Sosialbudaya … ajaran2 kepercayaan yang bisa dimaknai juga sebagai satu Kebudayaan Spiritual / Religius

Kantor pos saya berbeda aturan dengan ‘kantor pos’ kepercayaan yang lain , karena itupula tidak dikenal universalitas agama. Setiap kantor pos mewarisi sejarahnya masing2 yang melahirkan aturan2 dan paradigmanya masing2 , tidak bisa dipukul rata/disamakan. Namun pada intinya semuanya mengacu kepada satu KEPATUHAN yang sama , tunduk kepada perintah Sang Maha Pencipta.

Sudah terlalu banyak agama disembah , tapi semakin banyak orang bertengkar a/n agama. Tentu bukan itu Kehendak Allah , Tuhan YME . Orang2 itu sejatinya hanya bertengkar untuk saling memperebutkan kekuasaan guna memenuhi kesejahteraan hidupnya sendiri2. Tuhan itu termanifestasikan dari perilaku orang yang punya adab , adab itu sopan santun etika tata krama moralitas akhlak dll … tidak getol sembarang tempat membicarakan agama dng be-jibun2 aturannya , itu wilayah privat yg sangat personal. Nggak perlu diomongin ‘dilapangan’ , seharusnya malu kalau malah di-omong2in. Malah kayak tukang jual obat kuat

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Comments are closed.

elektronik sigara