kultur pop musik

Akan saya jawab tuntutan bagaimana ekspresi kultur pop / pop culture Indonesia [dibidang musik] itu seharusnya bekerja secara nyata. Kita tidak bisa sekedar mengikuti paradigma tren yang dihasilkan dari cara2 mengadopsi pikiran budaya barat yang telah jauh lebih maju dan berkembang pesat meninggalkan jauh dibelakang kualitas produk budaya pop Indonesia itu sendiri

Semuanya harus dimulai dari ‘awal’ , sebuah perjalanan proses kreatif yang membutuhkan berbagai aspek pemikiran kultural dari manusia Indonesia itu sendiri. Musik bukan urusan hobi ‘remeh temeh’ … musik Indonesia adalah urusan orang Indonesia disaat kita sering lupa : seperti apakah wajah Indonesia itu sendiri.

Untuk menjadi orang Indonesia yg memang mengadopsi produk budaya asing dan menjadikannya ‘adaptif’ dengan persoalan real orang Indonesia itu sendiri … dibutuhkan kemampuan yang lain dari sekedar bisa membunyikan instrumen musik yg sudah baku. Itu semua memang layaknya seperti ruang r&d , yang dinegeri ini kepentingan dan fungsi2nya sama sekali tak pernah diabaikan.

  

About the Author

Bukan jurnalis bukan pejabat bukan juga politikus apalagi tentara....wong cuman seniman. Ibarat cermin bagi elok rupa maupun cermin bagi buruk rupa. Jangan membaca tulisan saya bila tampilan buruk rupa anda enggan dibaca.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara