kutukan ideologi

Kekeliruan FATAL dari cara mengelola negeri ini adalah karena diingkarinya IDEOLOGI , apa itu ideologi & bagaimana menelusuri sebutan ideologi itu :

a. Bangsa-Bangsa yang menghuni nusantara ini punya tali ikatan sejarah ribuan tahun lamanya. Berbagai peristiwa pertikaian terjadi diantara sesama bangsa2 tersebut juga terjadi , hingga akhirnya mereka semua punya satu kepentingan yang sama , yakni : mengusir penjajahan dan penindasan yg dilakukan kolonialis Hindia Belanda. Satunya kepentingan yang sama itulah yang dikemudian hari melahirkan Sumpah Pemuda.

b. Muncul kesadaran kolektif , bahwa wilayah ini adalah jalur terbuka yang strategis bagi kepentingan asing lainnya. Bahwa didalam perut bumi ini terkandung modal tak ternilai untuk membuat mereka bisa jadi sejahtera

c. Para pendiri Republik ini sangat memahami , apa yang menjadi harapan dan tuntutan dari semua bangsa yang menghuni dikepulauan Nusantara , apa alasan mereka untuk bersatu dan bersepakat untuk menjadi Indonesia.

d. Bangsa Indonesia harus pandai terlebih dahulu , pandai dalam penguasaan ilmu dan tehnologi agar bisa mengelola Modal sumber daya alamnya sendiri untuk menghidupi dirinya sendiri dan mampu mewujudkan mimpi2 bersama menuju alam kehidupan yang sejahtera.

Dari sanalah IDEOLOGI itu muncul dan diaplikasikan menjadi kehendak POLITIK. Ditopang oleh kesadaran Bhineka Tunggal Ika yang menjadi fondasi tempat dunia politik berpijak. Ideologi itulah yang juga disebut PANCASILA

Apa yang terjadi sampai dengan hari ini? … mungkin saja semacam ‘kutukan’ dari kesepakatan2 yang kini diingkari

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara