merdeka apa matek

saya tak akan bosan untuk harus mengatakan : musik itu adalah produk budaya. Baik musik tradisional maupun musik tradisi baru yang disebut musik modern. Yang membedakannya adalah musik tradisional itu produk budaya dimasa lalu sedangkan musik modern adalah produk budaya dimasa sekarang.

Yang disebut Produk Budaya adalah pekerjaan kreatif dalam bentuk apa saja [bukan hanya musik] yang merefleksikan keterlibatkan orang banyak/masyarakat disekitarnya. Oleh karena itu sering saya katakan : sebagai salah satu produk budaya , musik haruslah merepresentasikan peristiwa-peristiwa hidup yang ada ditengah masyarakat sekelilingnya sendiri.

Karena dia mewakili persoalan masyarakatnya , maka produk budaya musik juga mewakili rasa kebersamaan diantara sesama didalam komunal satu masyarakat hingga bangsanya sendiri. Contoh : ketika ada karya lagu2 saya yang disukai oleh banyak orang , itu artinya saya mewakili persoalan mereka baik ditilik dari sudut apresiasi seni maupun dilihat dari sisi masalah sosial yang termuat lewat pesan2 dan lirik yang ada didalamnya

Itu baru satu contoh kecil yang saya utarakan diatas tentang apa itu Produk Budaya. Ketika seluruh elemen social capital dinegeri ini punya tempat dan peluang guna melahirkan produk2 budayanya sendiri … mobil / tehnologi maju / kesenian / sandang pangan dan lain2nya . Maka Bangsa ini tidak perlu merasa khawatir akan ancaman : krisis karakter sampai dengan krisis mengenali identitas dirinya sendiri , alias me-layang2 nggak keruan .

Artinya apa? … artinya ber-produksilah segera. Bagi mereka2 yang punya kemampuan kapasitas dalam bidang permodalan , dirikanlah ruang2 untuk berproduksi jenis apa saja yang ada disekitar kita masing2. Inilah tuntutan bagi PENGABDIAN kita semua sebagai WARGA NEGARA yang wajib turut merasakan sense of crisis , bukan menyimpannya dibawah bantal untuk dibawa tidur ataupun meng-investasikannya dalam bentuk saham yang bisa menguntungkan dihari kelak kemudian. ini masalah MORAL dengan tuntutannya , merdeka atau mati.

ente aja yang mati duluan ane mising mau lamaan lagi …

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara