konsepsi itu peta ketujuan

Musik berfungsi untuk mengekspresikan ‘kebebasan’ yg bertanggung-jawab. Kalau euforia musik itu hanya sebatas ‘penggembira’ yang hobinya sebatas loncat-loncatan dan angguk2an kepala tanpa mengerti persoalan apalagi mau peduli dengan kondisi keadaan disekitarnya . Itu bagi saya semacam boneka2an dari india

Apa saja sih muatan dalam kandungan yang disebut dengan kebebasan bertanggung-jawab?. Jangan suka menghamili tapi enggan dengan urusan akibat

Ber-profesi-lah yang baik sesuai dengan tuntutan integritas dari setiap profesi . Jika bermusik hanya sebatas hobi … jagalah perilaku hobi agar tidak mencederai integritas profesi yang dipatuhi oleh mereka2 yang berupaya professional dibidangnya.

Kalau masih belum jelas atau ingin lebih men-detail tentang apa yang saya maksudkan diatas , silahkan bertanya saya akan menjawab. Apabila diperlukan sayapun bersedia memenuhi undangan anda untuk bicara dalam forum2 terbuka. Tanpa sepeserpun saya kenakan biaya , terkecuali sarana dan fasilitas mendasar untuk saya bisa sampai ketempat anda.

Bung Karno pernah populer dengan kalimat2 pidatonya tentang mendirikan sebuah Negara yang harus punya Konsep untuk ber-Negara. Maka disaat itu di era konfrontasi dengan Malaysia pidato2nya menyebutkan Malaysia sebagai Negara tanpa konsepsi jika dibandingkan Indonesia yang mampu melahirkan ideologi Pancasila , Ganevo [Games of New Emerging Forces] , Conefo [Conference of The New Emerging Forces] , Nasakom dan menggalang semangat independensi / berdikari dari negara2 dunia ketiga.

Saya bukan siapa2 , apalagi sekaliber tokoh2 besar seperti Soekarno , namun lewat dunia maya ini sebagai seniman musik biasa saya berhak untuk menggunakan kalimat Bung Karno diatas untuk bertanya : apa konsepsi anda sebagai warga negara yang berprofesi dibidang anda masing2. Jika anda bukan berprofesi sebagai pemusik namun getol bicara seolah mewakili kepentingan dunia musik … itu namanya anda cuman ngerusuh-ngerusuhi.

Demikian pula dengan persoalan2 dibidang profesi yang lainnya … jika tidak ada korelasinya dengan disiplin kompetensi profesi kita masing2 lebih baik melatih diri untuk mingkem saja. Menjadi pendengar yang baik untuk melengkapi proses belajar.

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara