menakar fungsi

useful

Mungkin anda bisa beli mobil murah , mungkin juga bisa beli yang mewah , rumah murah , rumah mewah dan seterusnya. Satu hal yang terabaikan oleh masyarakat Indonesia saat ini , perihal fungsi.Tak dapat dipungkiri jika akhirnya tampak norak dan kampungan.

Demikian pula yang terjadi diberbagai bidang lain , semisal dibidang saya musik. Kita tau bahwa musik pop Indonesia sedang dalam perjalanannya agar bisa menyatu dengan perjalanan Kebudayaan Indonesia yang ingin dibentuk dan sedang dikawal bersama. Oleh sebab itulah maka musik PoP Indonesia tidak bisa lepas dari persoalan2 kebudayaan [politik – Hukum] dan lain2nya.

Orang bertanya , bagaimana caranya membuat musik dan lagu yang bernafas lokal tanpa kehilangan ‘ruh’ dari apa yang mereka pahami dari setiap komposisi. Disini saya katakan sesuai dengan apa yang saya yakini dan lakukan … “jangan terperangkap industri lalu terbelenggu dalam doktrin2 disiplin ilmu musik itu sendiri” yang memang diadopsi dari disiplin keilmuan secara akademik. Bagi saya ‘doktrin’ musik saya ada didalam kognisi yang terbentuk dari hasil dialektika didalam paradigma bermasyarakat dilingkunagn alam yang ada disekitar hidup saya sendiri.

Kuping saya sering terasa ‘ngilu’ ketika ada komposisi2 lama saya yang digubah kembali oleh generasi industrial lewat teori2 sekola’an. Menjadi genit dan ke-cengeng2an atau bahkan menjadi steril absurd nggak juntrungan.

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

One Response to “ menakar fungsi ”

  1. testing 123

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara