karakter boipung

boipung

Kenapa dijaman yang semakin maju ini mereka yang terbukti berperilaku buruk karena culas/licik justru didominasi orang2 yang mengusung gelar2 pendidikan yang sudah mumpuni , bukan lagi pencoleng jalanan atau kampret kampung / boipung. Seperti yg pernah saya katakan : tidak ada satupun persoalan hidup didunia ini yang tak ‘berjawab’

Ilmu itu mengajarkan orang agar bisa memberdayakan diri , mengembangkan segala kemampuannya untuk berinteraksi dengan sesama makhluk sosial dan alam tempat dimana mereka dihidupi olehnya. Dialektika tersebut menyadarkan setiap orang agar melengkapi prasarana yang dibutuhkan dengan menghasilkan produk2 ekonomi yang ditopang oleh pemahaman yg semakin tinggi tentang dunia pengetahuan secara umum serta science dan tehnologi.

Artinya , bila kita letakkan kerangka berpikir diatas ditataran prosedur … maka Ilmu dan Karakter setiap manusia adalah dua dimensi persoalan yang berbeda. Ilmu tidak menghasilkan karakter namun ilmu menghasilkan watak orang berilmu yang hanya akan patuh & tunduk pada doktrin2 keilmuan itu sendiri. Sedangkan yang dipahami dengan sebutan Karakter adalah pendidikan melalui satu pola kebiasaan2 yang sudah dilakukan semenjak manusia itu sendiri menyusu tetek digendongan ibunya

Karakter itu memproduksi manusia yang peka dan sensitif terhadap gejala alam yang terjadi disekitar hidupnya , namun seseorang berkarakter bila tanpa bekal ilmu yang memadai juga akan berpilaku ‘telmi’ alias telat mikir melulu lalu keburu kecemplung kali sebelum sempat menyadari. Alih2 … mereka menjadi ofensif / reaktif , reaksioner ketika menghadapi permasalahan2 yang berada diluar jangkauan untuk diselesaikan sendiri. Daripada kecebur kali lagi mendingan mengamuk … Itu dikenal dengan istilah: “galak’an dia yang salah”

Menafikkan dunia ilmu pendidikan dari dunia kultural yang dilakukan selama ini , telah menjawab apa yang menjadi pertanyaan di paragraf kalimat diatas. “mengapa orang yang berperilaku buruk karena culas/licik justru didominasi orang2 yang mengusung gelar2 pendidikan yang sudah mumpuni”

Ente termasuk yang bagian mana? … yang ikut2an culas biar kebagian rejeki , atau yang ngamuk melulu karena terus2an dirugikan oleh keadaan yg ada disekitar ente sendiri. Kalo gw bukan ngamuk! gw ngomel … tapi ngomel gw juga pake alasan ala orang2 yang sudah berpendidikan , bukan gaya boipung. BOIPUNG itu koboi kampung!

  

About the Author

bukan siapa2 ... hanya seniman yang berharap bisa ada dimana-mana

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

elektronik sigara